Sabtu, 10 November 2007

Jelajah NZ

Berapa lama waktu ideal buat berwisata ke NZ? Kalau paket-paket yang dijual banyak travel yang diiklankan di koran-koran Indonesia ada yang 5 hari sampai 12 hari. Yang waktunya pendek biasanya dikombinasi dengan wisata ke Australia. Bagi kami yang kebetulan pernah menjelajahi hingga ujung South Island, rasanya 12 hari tetaplah kurang.

Saran kami, pilihlah setidaknya 14 hari di musim panas (Desember - Maret). Sewa mobil atau bisa juga camper van. Zzzziiiing, melajulah dan nimati jalan-jalan yang nyaman. Nggak perlu takut nyasar, nggak perlu takut kemalaman di jalan. Di pelosok-pelosok tersedia yang namanya motel dan B&B (Bed & Breakfast) dengan tarif standar. Pemandangan? Rasakan saja langsung, kombinasi gunung, danau, laut dan sungai sangat luar biasa. Bila memilih datang di musim dingin (Juni - Agustus), bisa langsung saja memilih kota wisata internasional Queenstown dan sekitarnya (di South Island) selama 5 - 7 hari, di mana fasilitas ski tersedia di mana-mana dengan barisan gunung tertutup salju mengelilingi Queenstown.

Bila Anda bisa mengumpulkan satu grup untuk berlibur ke NZ (minimal 15 orang), kita bisa meminta bantuan teman-teman Indonesia di NZ untuk mengatur cara berlibur ekonomis. Malah bila perlu, selama di NZ ditemani oleh teman Indonesia di sana sebagai guide. (Keterangan foto: Vikra dan Ramiz main ski di Mt. Ruapehu, North Island)




5 komentar:

Anonim mengatakan...

Hallo Pa Dangbayan[hehehe..] salam kenal dr sy ..sy n kel kr2 8 org bermaksud jalan2 hemat di NZ tp kami hanya py waktu 6/7 hr,bisakah sy menghub org indo yg bp maksud agar perjlnan sy tdk makan waktu or bskah kami jln sndr,dimana kami bs rent car nya,brp hrgnya/hr n sulitkah perjlnan disana,krn wkt sy cuma sebentar sy tdk mau buang2 wkt,thanks sblmnya.

dangbayan mengatakan...

Halo juga.Wah sebetulnya 6/7 hari itu efektifnya dikurang 2 hari untuk perjalanan pergi dan pulang. Berarti tinggal 4 - 5 hari saja secara full di NZ. Kalau boleh tau bulan apa rencana anda bepergian ke NZ? Kota apa rencana pendaratan pesawat anda? Auckland kah, Wellington kah?, Christchurch kah atau Queenstown kah?
Kalau anda menjawab dulu pertanyaan di atas, nanti bisa saya sarankan lebih detail. Namun secara selintas saja utk 4 - 5 hari anda tidak bisa menjelajahi keseluruhan NZ melalui darat, pasti memerlukan transportasiudara. Dan, berarti itu tidak murah lagi. Kalau kota apa yg akan didarati peswat anda di NZ nya, rekomendasi saya ya berarti jelajahi sebgain dari NZ saja. Kalau anda mendarat di auckland, idealnya pulang dari wellington. Sehingga anda cukup punya waktu jelajahi north island.
Kalau anda mendarat di christchurch atau queenstown anda bisa jelajahi sebagian south island.
salam

Anonim mengatakan...

trims u blsnnya,rencananya 15/9 pake pes virgin blue melb-auck 16/9auck-rotorua pake mobil 17/9 rotorua-christcurch pake pes qantas18/9 ccurch-mtcook pake mobil 19/9 mtcook-queenstown-ccurch pake mobil20/9 ccurch-syd pake pes airNZ,melb n syd sy tinggal dirmh kakak ,bgmn rencana sy menurut anda atau lbh baik sy hanya mengunjungi south island saja atau lbh baik sy meminta bantuan org indo yg bp ktkan.trims sblmnya salam u kel dirumah.

dangbayan mengatakan...

Rencana perjalanan anda dgn waktu yg tersedia sudah cukup bijak untuk bisa melihat north dan south island. September juga waktu yg cukup enak krn tidak terlalu dingin, tapi snow masih ada di pucuk-pucuk pegunungan terutama di south island yg menambah keindahan pemandangan alam NZ.

Orang Indonesia yg dimaksud, adalah bila anda memerlukan semacam pendamping selama perjalanan, termasuk mengemudikan mobilnya. Tetapi kalau anda berbasis di Aussie, mustinya tidak ada kesulitan buat anda menyetir sendiri kendaraan yang akan anda sewa di NZ. Selain itu, dengan mengemudikan sendiri tentu akan lebih hemat biaya. O ya kalau 8 orang anda bisa bersama dalam sebuah van, tetapi bila ingin lebih cepat jalannya anda bisa menyewa dua sedan. Sewa sedan per hari mulai dari NZ$ 25.

NZ sangat reliable, pengalamana saya jelajah south island dgn sewa mobil, semua bisa saya atur dari Auckland lewat internet. Mulai boking motel dan sewa mobil. Pernah sekali malahan saya sewa mobil secara go show saja pada saat melakukan perjalanan kedua kalinya ke south island. Karena di airport tersedia berbagai brosur untuk sewa mobil.

salam

Anonim mengatakan...

ok thx atas petunjuknya...