Senin, 07 Januari 2008

Bersatu Kita Kuat

Hari Minggu tgl 6 Januari 2008 kemarin, kenalan kami di NZ mengadakan syukuran khitanan putranya di Jakarta, mumpung lagi libur panjang rupanya. Maka, berjumpalah kami dengan banyak kenalan di NZ yang sedang berlibur di Indonesia. Pertanyaan yang paling banyak disampaikan adalah, "kapan ke Auckland?"

Dalam obrolan kemudian ada suatu ide yang menarik yang dilontarkan beberapa teman, yaitu kenapa orang Indonesia di NZ tidak berinisiatif membentuk suatu usaha patungan bersama agar terkumpul modal yang besar. Hmm, menarik memang, karena komunitas seperti China, Korea atau India sudah lumrah saling berpatungan membentuk suatu usaha, sehingga dengan modal yang besar bisa melakukan usaha dengan skala yang lebih besar.

Sepulang dari acara di atas, saya termenung, ide bagus tersebut memang harus bermodalkan bukan hanya dana tetapi juga rasa saling percaya. Mungkin inilah masalahnya, sesama perantau yang baru saling berkenalan belum tumbuh rasa saling percayanya. Bagaimanapun ini tetaplah ide yang menarik yang harus dipecahkan kendala-kendala psikologisnya. Saya hanya berharap bermunculan usaha-usaha sukses di NZ yang dikelola oleh orang-orang Indonesia. Semoga.

Tidak ada komentar: