Jumat, 08 Mei 2009

Antara Auckland dan Jakarta

Ini bukan mau ikut-ikut lagu Antara Anyer dan Jakarta, tapi cuma mau sekedar sharing soal peringkat kota-kota dunia yang memberikan kualitas hidup terbaik bagi penghuninya berdasarkan survey tahunan yang bertajuk "Mercer Quality of Living Survey - Worldwide Ranking 2009". Indikator2nya antara lain; infrastruktur, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, pasokan listrik, gas dan air; transportasi; ruang terbuka hijau; alamnya, dst.

Kota ternyaman dan memberikan kualitas hidup terbaik di dunia adalah Wina ibukota Austria. Auckland sebagai kota terbesar di New Zealand, menduduki ranking nomor 4 dunia yang sama dengan Vancouver di Canada. Auckland juga ditasbihkan sebagai kota yang memberikan kualitas hidup terbaik di Asia Pasifik. Lebih baik dari Sydney, Melbourne dan juga Wellington.

Bagaimana dengan Jakarta? Kota yang dikenal dengan "lebih kejam dari ibu tiri" ini jauh tertinggal di peringkat 140an. Di belakang Kuala Lumpur, Bangkok dan bahkan Manila. Tengok saja soal pasokan air bersih di Jakarta yang baru meliputi 35% penduduk. Ruang terbuka hijau yang masih di bawah 20% dan sarana transportasi yang masih jalan di tempat. Belum lagi soal banjir.

Jakarta memang perlu merevolusi dirinya dan itu harus dimulai dari aparatnya yang selama ini dikenal berjiwa koruptif. Rupanya Jakarta tak cukup cuma diberikan ke "akhlinya" yang pada kenyataannya tak terlihat kemajuan berarti.



Tidak ada komentar: