Minggu, 24 Mei 2009

Tokyo Termahal, Jakarta Ter...

Tokyo dikenal sebagai kota termahal di dunia, selain London, New York, Geneve dan Paris. Semakin tinggal di pusat kota semakin melambung biaya hidupnya. Bagaimana dengan Auckland? Dapat dikatakan karakter nya sama saja dengan kota besar negara maju lainnya di dunia.

Untuk Jakarta, saya berani katakan sebagai kota "termewah" di dunia. Ya, sebab urusan masak, mencuci dan menyetrika baju, membersihkan kebon halaman, menyupiri mobil kita dan mengasuh anak bisa diserahkan kepada para pekerja rumah tangga (PRT) dengan biaya yang relatif terjangkau dibanding membayar jasa sejenis bila tinggal di kota2 tersebut di atas.

Di Auckland, misalnya, ketika kami membeli perangkat kursi dan meja makan yang dikirim ke rumah dalam keadaan masih terurai, memerlukan extra tenaga untuk memasangnya satu persatu. Kecuali anda mau keluar extra $200 untuk jasa pemasangannya, padahal harga pembeliannya tak lebih dari $400. Ketika merakit satu persatu dengan keringat bercucuran, pikiran saya melayang ke tanah air. Betapa banyak tangan-tangan yang siap membantu demi sekedar uang rokok dan secangkir kopi tubruk. Ya, Jakarta memang kota "termewah" karenanya.

Tidak ada komentar: