Jumat, 30 November 2007

Berapa Biaya Sekolah di NZ?

Bagi overseas student, biaya sekolah dikenakan secara penuh. Sedangkan bagi warga setempat atau pemegang status PR biayanya gratis untuk SD - SMA, sedangkan di universitas mendapatkan harga 1/3 nya (semua untuk public school). Biaya sekolah bagi overseas student (SD-SMA) sekitar NZ$ 15 ribu per tahun (1 NZ$ = Rp 6000 - 7000). Sedangkan untuk universitas bervariasi tergantung fakultasnya, yaitu antara NZ$ 15 ribu s/d 20 ribu per tahun.

Lalu untuk biaya hidup di sana, misalnya untuk home stay dengan 2 kali makan (pagi dan malam, krn siang asumsinya makan di sekolah, jam sekolah jam 8.45 s/d 15.30) sekitar NZ$ 200 /minggu atau NZ$ 800/bulan. Untuk transport (kalau diperlukan, tapi kalau home stay nya dekat sekolah bisa jalan kaki) sebulan sekitar NZ$ 200. Untuk uang jajan (termasuk makan siang di sekolah) sekitar NZ$ 300. Jadi total kebutuhan minimun utk hidup di sana NZ$ 1300.

Nah, ringkasnya, biaya sekolah SD - SMA per bulannya sekitar NZ$ 2550, kalau kuliah sekitar NZ$ 3000 (ini semua cuma perkiraan untuk sekolah dengan biaya hidup yang pas-pas saja). Tentu akan lebih bila uang saku ditambah atau anak kita dibelikan mobil (ada uang bensin dan perawatan). Kalau kita ambil kurs yg 1 NZ$ = Rp 7000 saja, berarti biaya anak sekolah perbulan bisa dikatakan antara Rp 15 - 21 juta / bulan atau kalau agak dimanja sedikit bisa Rp 17,5 - 23,5 juta per bulan (uang sekolah dan biaya hidup).

Berapa biaya sekolah dan hidup kalau menyekolahkan anak kita seperti ke Global Jaya, High Scope, British School, German School, UPH, Trisakti, UI, Binus, dll? (Keterangan foto: Hakim dan teman sekolahnya)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bapak....... salam kenal
aku mau tanya...
bagaimana living of cost di NZ tahun 2009. aku dapat tawarin ke new zealand, tapi aku pikir panjang karena ku pikir biaya hidupnya mahal
mohon bantuannya
aku kerja sebagai perawat

Anonim mengatakan...

kirim ke ney_at2o@yahoo.com ya pak
thank you