Sabtu, 16 Agustus 2008

Jangan Frustrasi

Di New Zealand berlangganan listrik bukan hal yang sulit. Ketika pertama kali akan menempati rumah, kita cukup angkat telepon ke salah satu operator listrik untuk menyampaikan minat berlangganan listrik. Setelah itu tak lebih dari 1 hari rumah kita sudah dialiri listrik. Kita tak perlu meminta daya listrik tertentu, seperti di tanah air, misalnya 2200, 6600, watt, dst. Berapapun pemakaian silakan saja, asal setiap bulan dibayar. Tapi meskipun demikian, karena ongkosnya mahal, praktis penduduk NZ tidak jor-joran menggunakan listrik di rumahnya.

Sementara di tanah air, di tengah krisis pasokan listrik, rumah-rumah mewah tetap saja menyalakan lampu taman, lampu pagar, lampu teras dengan gemerlapan, belum lagi AC yang menyala sepanjang hari. Kalau ditanya mengapa, barangkali jawabannya juga masuk akal, yaitu menyangkut aspek keamanan.

Dengan demikian urutan prioritasnya harus seperti ini: Negara merdeka dulu, lalu rakyat disejahterakan, sehingga angka kriminalitas rendah, maka ketika energi listrik terbatas rumah-rumah bisa menghemat litrsik tanpa harus takut soal keamanan. Pfuiih, proses yang cukup panjang ya cuma untuk menghemat litrik.... (mudah-mudahan masyarakat di tanah air tidak lantas frustrasi karena uang negara yang seharusnya untuk kesejahteraan rakyat dicuri oleh para koruptor).


Tidak ada komentar: