Senin, 25 Agustus 2008

Manfaat dan Mudharat

Sebagai negara barat, di New Zealand kebebasan untuk melakukan hubungan sex dilegalkan sejak remaja berusia 16 tahun. Meski dibarengi dengan pendidikan sex di sekolah, tidak jarang 'kebablasan" juga, sehingga ada yang kawin muda atau si remaja perempuan harus off dulu dari sekolah karena mengurus bayinya. Dengan aturan seperti di atas, memang angka perkosaan relatif kecil. Rasa ingin tahu para remaja dalam hal ini bisa tersalurkan dengan teman atau pacarnya.

Kalau dikaitkan dengan ukuran moral negara timur, hukum yang diterapkan di atas memang terasa melampaui batas. Belum lagi dikaitkan dengan moral agama. Di NZ, poligami dilarang oleh hukum tetapi hidup bersama sah-sah saja. Yah, begitulah, tantangan hidup di negara barat ada manfaat dan mudharatnya. Mudah-mudahan anak-anak kami bisa melampaui situasi ini dengan selamat. Amin.


1 komentar:

IsriFianty mengatakan...

Wah seneng banget neh baca tulisannya, kebetulan aku juga insyaallah maret ini berangkat ke NZ. rencananya bakal tinggal di Auckland karena ambil program magang disana sekalian belajar. Boleh donk kapan bagi2 infonya lg biar aku gak cupu2 amat ntar disana he..he..jadi lupa salam kenal aku isrifianty dari bandung.