Sabtu, 21 Februari 2009

Leluhur Tak Bertanggung Jawab

Mengikuti prediksi dampak pemanasan global membuat saya tercenung. Bayangkan akan ada beberapa negara kepulauan yang terancam punah akibat permukaan laut yang terus naik, seperti Maldives di Samudra Hindia dan Nauru di Pasifik. Di tanah air sendiri, setidaknya 2000 pulau diperkirakan akan tenggelam. Di tayangan Discovery Channel, negara pulau kaya Singapura sedang sibuk berpikir keras membuang air laut bila meluap ke daratan.

Di New Zealand, rumah-rumah pinggir pantai mempunya nilai harga yang lebih tinggi karena mendapatkan pemandangan alami yang indah setiap hari. Di suburb kami, Takapuna, rumah di pantai harganya jauh lebih tinggi dari yang bukan pantai. Apalagi warga New Zealand sangat gemar olah raga laut.
Dengan adanya kenaikan permukaan laut dari tahun ke tahun tentu ini akan berdampak pula pada nilai property yang berada di pantai.

Cucu cicit kita akan menjadi saksi sejarah hilangnya pantai Kuta, Kepulauan Seribu, tenggelamnya sebagian besar Semarang, Jakarta, Auckland, dll. Sungguh, perbuatan leluhur mereka yang tidak bertanggung jawablah yang membuat mereka tak bisa lagi menikmati keindahan pantai2 dan kota2 itu.

Tidak ada komentar: