Kamis, 20 Maret 2008

Kisah Dmitri

Ia sangat sederhana. Saya mengenalnya di Auckland beberapa waktu setelah badai tsunami menerjang Aceh dan Nias akhir 2004. Profesinya pelaut profesional yang dikontrak oleh Green Peace untuk membawa kapal Rainbow Warior 2 menjelajah dunia guna mengampanyekan perlindungan lingkungan hidup.

Ketika badai tsunami berlangsung ia dan kapalnya sdg merapat di Singapura, maka segeralah ia dan rombongan berangkat ke Aceh, tepatnya di daerah Calang. Dari foto2 yang ia hasilkan selama di Aceh, lalu ia ajak beberapa teman termasuk saya yg baru dikenalnya untuk mencari donatur tetap di NZ guna menyekolahi anak2 Aceh korban bencana. Sampai sekarang "yayasan" yg melibatkan 1 orang Kiwi, 1 orang Malaysia, 2 orang Indonesia dan Dmitri sendiri, masih berlangsung dan mengurusi bantuan rutin warga NZ buat anak Aceh. Jumlahnya memang tak seberapa, tapi itulah yang bisa dilakukan ditengah kesibukan masing2.

Jauh dilubuk hati saya merasa malu, kok malah orang Russia ini yang dengan semangat tinggi melakukan sesuatu untuk korban bencana di Aceh. Istrinya sendiri, Tatiana, memilih sementara tinggal di St. Petersburg. Sedangkan anaknya dari mantan istri pertama tinggal bersama ibunya dan sekolah di Auckland. Dalam sauatu kesempatan ia ajak putri remajanya ini berkenalan dengan saya dan istri. Tentu tidak mudah menjadi ayah dan suami sekaligus sebagai pelaut yang kerap lama bepergian.

Persahabatan kami masih berjalan hingga kini. Dmitri Sharomov, begitu nama lengkapnya, masih mengirimi saya email dari kapal Rainbow Warrior 2 atau dari kota di mana ia sedang merapat. Suatu kali kapalnya merapat di Jakarta sehabis berkampanye untuk penghentian exploitasi hutan tropis di Papua dan pulau2 lainnya. Ia membawakan kami kopi papua dan anak panah sebagai oleh-oleh. Hakim anak kami begitu senang saat berkunjung memasuki kapal Rainbow Warrior 2 ini, kapal kayu tua pengganti kapal Rainbow Warrior yang dulu diledakkan oleh agen Prancis di Auckland karena sering memprotes percobaan bom nuklir Prancis di Atol Maurora.

Semoga Tuhan memberi selalu kesehatan dan keselamatan buat sahabat saya ini.

Tidak ada komentar: