Sabtu, 01 Desember 2007

"Berburu" Ikan Paus

Di NZ obyek wisata alam benar-benar dilestarikan tanpa harus mengusik keaslian yang ada. Salah satu obyek menarik adalah melihat ikan paus sarapan pagi di perairan Kaikoura (South Island). Kapal pemberangkatan paling awal adalah jam 7 pagi, meskipun saat itu winter, rombongan pagi itu tetap padat (sekitar 50 orang).

Dengan kapal jenis katamaran berkecepatan tinggi, kita diajak keliling mengejar ikan paus yang sedang sarapan. Sang kapten tanpa putus asa mengejar dengan alat sonar, kira-kira di mana keberadaan ikan paus tersebut. Sampai akhirnya setelah 30 menit berlayar kesana kemari, kita semua dibuat takjub, karena kapal bisa berhenti begitu dekat dengan ikan paus yang lahap menyantap plankton, lalu membuat gerakan untuk masuk lagi ke dalam laut dengan ekornya masuk paling terakhir (gerakan khas ikan paus yang sering diambil sebagai obyek foto).

Tidak semua sensasi mononton ikan paus dirasakan oleh penumpang, karena sebagian mereka sedang sibuk menanggulangi mabuk laut dengan kantong plastik menempel di mulut masing-masing (termasuk Dangbayan dan istri, he..he) -
(Keterangan foto: buntut ikan paus terlambat dipotret)

Tidak ada komentar: