Kamis, 06 Desember 2007

Pertama Kali Datang untuk Sekolah

Baru-baru ini kenalan saya menyampaikan bahwa putrinya sudah diterima kuliah di Auckland University (AU) dan akan mulai kuliah bulan Februari 2008 mendatang. Sang putri ini adalah anaknya semata wayang. "Yang pasti ibunya akan menemani dia dulu sambil mencari akomodasi di sana." katanya.

Situasi seperti kenalan saya di atas memang banyak dialami orang tua yang lain. Mereka tentu ingin yang layak buat anaknya. Makanya mereka mau ikut mengantar bahkan mungkin ikut memilihkan akomodasi buat anaknya. Lalu saran saya kepada kenalan tadi adalah, datanglah ke Auckland 2 minggu sebelum kuliah dimulai. Karena saya pikir 2 minggu cukup untuk mencari akomodasi yang diinginkan.

Tinggal soal pilihan, kalau mau dekat kampus biar hemat transport (bisa jalan kaki) tersedia banyak apartemen sekitar kampus. Sukur dapat yang studio bisa sendirian, tapi kalau bukan studio berarti akan share dengan mahasiswa/i lain (kecuali orang tuanya membeli 1 unit apartemen, he..he..he). Pilihan lain kontrak rumah dengan beberapa mahasiswa/i lainnya.

Dua pilihan di atas memang masih sedikit memberi rasa kuatir orang tua, karena berarti kita melepas anak kita tanpa pengawasan. Bagi mahasiswa/i baru, apalagi perempuan, banyak orang tua yang menginginkan adanya pengawasan. Nah, kalau kondisi seperti itu yang diinginkan, maka home stay bisa jadi pilihan. Orang tua bisa "menitipkan" anaknya kepada sebuah keluarga.

Atau ada alternatif lain, anak kita di "home stay" kan untuk sementara waktu sambil mencari akomodasi yang benar-benar cocok. Kalau perlu minta bantuan induk semang untuk mengantar anak kita mencari tempat akomodasi yang diinginkan. Beberapa keluarga Indonesia rasanya siap membantu untuk hal seperti ini. Kalau anak itu akhirnya malah merasa sudah cocok tinggal di keluarga Indonesia, ya sudah, tak perlu repot-repot mencari akomodasi lagi. Orang tuanya pun mungkin bisa lebih tenang karena bisa menitipkan anaknya di keluarga Indonesia, yang setidaknya menyediakan nasi sebagai makanan pokoknya, he..he..he.

Tidak ada komentar: