Minggu, 02 Desember 2007

Lokasi Film

Ahir-ahir ini NZ tambah populer karena berturut-turut jadi tempat shooting film-film dunia, seperti: Lord of The Rings, The Last Samurai dan Kingkong. Film The Last Samurai yg dibintangi Tom Cruise banyak mengambil lokasi di kaki Gunung Taranaki yang - katanya - mirip dengan Gunung Fuji. Malah pada saat shooting, Perdana Mentri Helen Clark sempat menengok dan berbincang dengan aktor ganteng itu.

Lalu, film Kingkong sempat mengambil lokasi di ibu kota NZ, Wellington. Sedangkan film Lord of The Rings mengambil lokasi sebagian di North Island dan South Island. Dua film terakhir ini disutradarai oleh Peter Jackson yang asli NZ. Untuk film yang memerlukan panorama alam yang masih asli, NZ memang cocok, sebab dengan negara sebesar (kurang lebih) Jepang, penduduknya cuma 4 juta. Bisa dimaklumi banyak sudut-sudut lansekap yang jarang disentuh manusia. Beberapa bekas tempat shooting itu sekarang dijadikan obyek wisata, misalnya perkampungan Hobit yang serba mini.

Film Indonesia yang banyak mengexplor panorama alam yang saya ingat adalah fim Denias, yang cukup sukses dan bahkan menang di salah satu festival film. Tapi sayang, film-film kita dewasa ini masih didominasi percintaan remaja dan dunia penampakan. Sehingga panorama alam Indonesia tak banyak ter expose. (Keterangan foto: salah satu lokasi film Lord of The Rings, foto - www.trilogytrail.com))

Tidak ada komentar: