Selasa, 04 Desember 2007

Pasar Minggu

Salah satu daya tarik bagi yang suka belanja adalah mendatangi pasar minggu (Sunday Market), yaitu pasar kaget yang hanya dibuka hari Minggu. Biasanya mengambil tempat di lahan terbuka seperti tempat parkir yang luas. Bila Anda berkesempatan hari Minggu berada di Auckland, jangan lupa untuk datang ke Sunday Market ini, ada yang di Takapuna dan ada juga di daerah Avondale. Yang dijual macam-macam, mulai dari sayur dan buah segar, makanan, daging, baju, aksesori, barang antik, alat pertukangan, tanaman pot, dll. Konon dijual dengan harga miring.

Untuk bisa berjualan kita harus mendaftarkan diri ke kantor kotapraja setempat. Atau, go show saja, tapi dengan resiko kehabisan lahan. Pasca bencana tsunami Aceh, kami sempat berjualan di Takapuna berupa kaos bertema tsunami Aceh yang hasil penjualannya untuk disumbangkan ke Aceh. Kami mengikuti prosedur dengan cara go show saja, sehingga dari jam 5 pagi sudah harus mengantri di depan pintu lahan parkir. Caranya begitu tertib jadi kita tidak perlu berebut lahan. Kalau kehabisan lahan, ya sudah, terpaksa berjualan di luar areal utama, alias cukup di pinggir jalan. Sebelum jam 12 siang, kita wajib meninggalkan lokasi dalam keadaan bersih.

Di Jakarta, ada yang namanya Pasar Sogo Jongkok yang buka hari MInggu (apakah sekarang masih ada?). Juga di sekitar Stadion Senayan setiap hari Minggu ada pasar dadakan untuk menjaring mereka yang berlari pagi di sana.


Tidak ada komentar: