Minggu, 11 Mei 2008

Sedekah Bensin

Harga minyak dunia terus naik, ini membuat banyak negara terpaksa menaikkan harga BBM nya. Berita di tanah air hari ini menyatakan bahwa pemerintah berencana menaikkan harga BBM akhir Mei ini. Kondisi serupa tak terkecuali di NZ, apalagi negeri ini tidak punya sumber minyak bumi, sehingga harga benar-benar harga pasar dunia yang berlaku. Dewasa ini 1 liter bensin sudah merangkak ke arah $2, atau sekitar Rp 14 ribu an.

Anak kami, Vikra, terpaksa mengurangi pemakaian mobil. Tapi masuk ke musim dingin mobil memang menjadi sarana mobilitas yang penting. Apalagi saat weekend, ketika jumlah bus umum beropertasi tidak 100 %, sehingga kalau hari biasa bus akan datang katakanlah setiap 5 menit, saat weekend akan datang setiap 10 - 15 menit bahkan ada yang 20 menit.

Namanya anak muda, weekend biasanya banyak acara bersama teman-temannya. Vikra pun dengan senang hati menggunakan mobilnya untuk menjemput sana-sini, dengan catatan teman-temannya itu dikenakan sedekah bensin secara sukarela. Kalau di tanah air sebetulnya ini tak beda dengan operasi mobil omprengan ya?

Tidak ada komentar: