Selasa, 20 Mei 2008

Pindah Kerja

Usia 15 tahun remaja di NZ secara resmi boleh bekerja paruh waktu. Jumlah jam kerjanya sedemikian rupa tak boleh mengganggu waktu untuk belajar di rumah. Khusus weekend mereka bisa bekerja lebih lama. Umumnya mereka bekerja di fast food restaurant, supermarket dan toko-toko. Bagi mereka, ini lumayan buat menambah uang jajan, tapi dari kacamata orang tua, hal ini mendidik anak-anak menghargai bagaimana uang diperoleh secara halal. Bayaran per jam nya berkisar dari 10 sampai 15 $NZ belum dipotong pajak. Jadi, anak-anak remaja ini sudah menjadi pembayar pajak ke negara, untuk itu harus mendaftar dulu kantor pajak guna mendapatkan "NPWP" nya (disebut IRD Number).

Anak kami Vikra, sebelumnya bekerja di fast food KFC sekitar 10 - 15 jam seminggu. Lokasinya dekat rumah, sehingga bisa jalan kaki 5 menit. Pekerjaannya mulai dari menerima order, membuatkan burger, memasak kentang goreng, memindahkan ayam goreng ke dalam tray, sampai membersihkan toko sebelum tutup.

Setelah lebih dari 1 tahun bekerja, kini Vikra pindah kerja menjadi interviewer konsumen melalui telepon. Perusahaan survey tempat ia kerja ini fokus pada jasa riset untuk kepentingan sebuah brand. Dibanding kerja di KFC yang mengharuskan banyak jalan dan berdiri, ditempat kerja barunya justru harus selalu duduk karena interview ia lakukan dengan telepon dan di depan komputer.

Meskipun bayaran per jamnya lebih besar dari KFC, tapi musuh pekerjaan ini adalah penat dan bosan karena harus selalu duduk sehingga kurang bergerak. Yah, selalu ada positif dan negatif dalam bekerja.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo pak, salam kenal.

Nama saya Armiliansyah Falsa, ST. Sekarang saya bekerja di Kompas Gramedia Group sebagai System Analyst.

Saya sudah menikah dan punya 2 anak yang umurnya 2 & 4 tahun.

Sudah sejak lama saya ingin pindah dan kerja di New Zealand tapi banyak yang bilang prosesnya sulit.

Bisakah bapak memberikan sedikit pencerahan bagaimana caranya bisa tinggal dan kerja di New Zealand?

Terimakasih banyak.

Anonim mengatakan...

Halo Pak, salam kenal.
Saya seorang ibu rumah tangga dan memiliki seorang anak berumur 2 tahun. Saya dulunya pernah bekerja sebagai seorang akuntan. Saya memiliki keinginan untuk bekerja dan tinggal di New Zealand. Sama seperti pertanyaan diatas, bisakah Bapak memberikan sedikit pencerahan bagaimana caranya bisa tinggal dan kerja di New Zealand?